Tips Memilih Pipa PVC Agar Awet Puluhan Tahun

Tips memilih pipa PVC bisa jadi mudah, mengingat saat ini banyak produk yang ditawarkan dengan beragam keunggulan dan kelebihan masing-masing. Namun tahukah Anda, memilih produk yang tepat akan membuat saluran air dengan pipa jenis ini bisa awet dan tahan hingga puluhan tahun ?

Lebih dari 5 merk pipa PVC ditawarkan di Indonesia dengan beragam harga dan keunggulan. Misal Rucika atau dulu bernama Wavin, menawarkan produk terbaik yang diproduksi sesuai standard internasional.

Penggunaan produk dengan material berkualitas membuat Rucika mampu bertahan di persaingan industri perpipaan hingga lebih dari 40 tahun. Nah, untuk lebih mudahnya, berikut tips memilih pipa PVC yang bisa Anda lakukan.

Sesuaikan Budget

Harga Pipa PVC murah, bahkan dibandingkan dengan dua jenis pipa thermoplastik seperti pipa HDPE dan Pipa PPR. Selain itu pipa jenis ini memiliki banyak fungsi sederhana untuk mengalirkan fluida (air) bersih maupun kotor (limbah biologis).

Harga yang ditawarkan produk pipa jenis ini juga bervariatif. Beberapa menawarkan dengan harga lebih murah, bahkan dibanding produk sejenis dari brand berbeda.Tips Memilih pipa PVC dalam hal ini adalah dengan melakukan survei untuk budgeting.

Beberapa pipa ditawarkan dengan kualitas premium, dengan harga tidak terlalu mahal. Sementara tak sedikit juga produk pipa PVC ditawarkan dengan harga murah, namun dengan kualitas buruk. Untuk menghindari kesalahan membeli pipa (buruk), Anda sebaiknya lebih jeli.

Sesuaikan dengan budget pengeluaran untuk memberi pipa jenis ini. Karena pipa berkualitas tak selalu berharga mahal. Sementara produk pipa Murah juga kadang tak sesuai dengan harapan jika digunakan.

Sesuaikan kebutuhan

Tips memilih pipa PVC Selanjutnya adalah sesuaikan dengan kebutuhan. Produk pipa PVC sering digunakan untuk beragam kebutuhan saluran air sederhana. Baik untuk saluran air bersih maupun air kotor buangan.

Umumnya saluran air bersih didapat dari sumber yang memerlukan pendorong (Kompresor). Untuk itu, biasanya dibutuhkan jenis pipa dengan tebal dinding tebal. Dalam hal ini untuk kebutuhan tekanan 10 bar, atau PN-10. Jenis pipa ini biasa dikenal dengan istilah pipa JIS AW.

Sementara untuk saluran air kotor buangan, pipa tidak disertai dengan tekanan. Biasanya pipa jenis ini memiliki tebal dinding lebih tips. Jenis pipa ini biasanya digunakan untuk tekanan dibawah 5 bar, atau biasa dikenal dengan istilah pipa PVC Class D.

Tentukan Standard Tipenya

Meski digunakan untuk saluran air sederhana, faktanya pipa PVC diproduksi berdasarkan standard internasional masing-masing negara. Seperti Indonesia dengan SNI, Jepang JIS dan Amerika dengan standard ANSI.

Untuk kebutuhan rumah tangga hal tersebut tak berpengaruh terlalu besar. Kecuali jika Anda membutuhkan saluran dengan dukungan beragam aksesoris tertentu yang hanya ada di standard pipanisasi negara tertentu.

Sementara untuk saluran air berjenjang dengan standard tertentu, pemilihan pipa dan aksesoris sebaiknya disesuaikan dengan standard awal yang digunakan. Apakah JIS, ANSI atau SNI, semua harus sesuai. Demikian tips memilih pipa PVC yang bisa Anda lakukan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
× Hubungi Kami