Instalasi Pipa Air Panas Berikut Tipsnya

Instalasi pipa air panas bersih untuk kebutuhan sanitasi pada dasarnya berbeda dengan proses instalasi pipa air pada umumnya. Karena selain mengantar air pada tempatnya, proses yang dilakukan juga harus menjaga suhu agar tetap terjaga.

Kecermatan dan perhitungan yang matang merupakan kunci proses instalasi pipa air panas. Karena produk ini biasanya membutuhkan perlakuan khusus, mengingat salura fluida (air) yang dialirkan bersuhu tinggi.

Kebutuhan pipa air panas pada dasarnya berbeda dengan proses penyambungan pipa PVC (dengan lem). Meski sama-sama dari bahan thermoplastik, pipa khusus air panas biasa disambung dengan cara khusus atau biasa dikenal sistem penyambungan persenyawaan sempurna Pipa.

Berikut beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan dalam hal instalasi pipa air panas :

Menentukan Tujuan Akhir. Cara pertama dalam instalasi pipa air panas adalah menentukan titik akhir air digunakan, dalam hal ini titik keran dari pemanas air. Untuk hasil yang maksimal, jarak terdekat sangat disarankan. Lakukan pengukuran, sekaligus menghitung titik keran yang akan dipasang. Cara ini akan membantu Anda estimasi kebutuhan pipa dan aksesoris yang akan digunakan.

Membutuhkan pipa khusus. Karena mengalirkan fluida (air) dengan suhu tinggi, maka dibutuhkan pipa berbahan khusus. Yang fungsinya menjaga suhu air tetap dari pemanas air, hingga saat digunakan. Biasanya bahan metal khusus sering digunakan dalam hal ini.

Meski demikian intalasi pipa air panas juga dapat digunakan untuk produk dari bahan thermoplastik. Tak semua produk dapat digunakan untuk kebutuhan ini, mengingat titik leleh setiap material thermoplastik berbeda satu dengan yang lain.

Untuk kebutuhan instalasi pipa air panas bersih, Anda bisa menggunakan jenis Pipa PPR. Produk ini memiliki titik leleh sangat tinggi dan mampu mengalirkan air bersuhu hingga 90 derajat celcius secara konstan. Penggunaan pipa thermoplastik memiliki banyak keunggulan dalam hal ini, selain ringan dan mudah dalam hal instalasi, produk juga dapat bertahan hingga usia penggunaan 50 tahun. (Sumber : Wavin Internasional)

Rumus Meletakkan Pemanas Air. Pemanas air, merupakan elemen penting dalam hal ini tentu saja untuk meningkatkan suhu air, sebelum digunakan. Idealnya media ini diletakkan dengan jarak 1.5 meter dari lantai. Prosedur ini dilakukan untuk mempermudah proses pemasangan dan reparasi jika suatu saat alat mengalami kerusakan.

Membuat peta jalur pipa. Proses ini sederhana, namun jika tidak dilakukan dengan matang maka prosedur instalasi pipa tidak berjalan lancar. Kebutuhan fitting kurang, pipa kurang panjang dan sebagainya adalah beberapa kendala yang bisa Anda alami.

Untuk itu, sebaiknya Anda mengatasi permasalahan ini dengan perhitungan matang. Caranya dengan memperhitungkan penggunaan aksesoris seperti socket, elbow, tee dan sebagainya. Serta menghitung pipa secara keseluruhan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to hello@quadlayers.com

× Hubungi Kami