Kelebihan Pipa PVC, Salah Satunya Murah

Ilustrasi Kelebihan Pipa PVC

Kelebihan Pipa PVC adalah harga yang lebih ekonomis dan dapat digunakan untuk beragam kebutuhan saluran air sederhana lebih awet dan ramah lingkungan. Hal ini digunakan komposisi material bahan baku produk yang lebih ditingkatkan.

Pipa PVC merupakan pelopor semua produk perpipaan dari bahan thermoplastik. Bahan ini bahkan telah dikembangkan lebih dari 50 tahun sebagai bahan baku pipa air pengganti pipa besi. Pipa besi sebelumnya dianggap kurang optimal karena masalah karat.

Kelebihan pipa PVC yang tidak berkarat membuat produk lebih awet dan mudah dalam hal proses instalasi (Karena bobot yang relatif lebih ringan). Meski demikian dalam perkembangannya produk pipa ini akhirnya menemukan banyak kelemahan, karena bahan yang (juga) mudah rusak.

Pengembangan bahan uPVC atau Unplasticized Poly Vinyl Chloride, membuat banyak perubahan berarti. Sehingga kelemahan pipa PVC yang dikenal getas dan mudah rusak karena pengaruh lingkungan seperti sinar Ultra Violet (Matahari) bisa teratasi.

Baca : Pipa PVC Adalah

Tak hanya itu, penggunaan bahan uPVC untuk modern juga dikenal lebih awet dan ramah lingkungan. Berikut beberapa kelebihan pipa PVC modern yang bisa Anda dapapatkan untuk beragam jenis saluran air.

Murah : Pipa PVC dikenal dan sering digunakan karena harganya yang relatif lebih murah, bahkan jika dibanding produk pipa dari bahan thermoplastik lain.

Tidak Mudah Pecah dan Tahan Pengaruh Ultra Violet : Bahan Unplasticized Poly Vinyl Chloride merupakan peningkatan kualitas bahan PVC konvensional. Bahan ini lebih lentur, tak mudah pecah dan lebih tahan terhadap paparan sinar UV. Selain itu bahan ini juga dikenal bebas kontaminasi bahan kimia.

Ramah Lingkungan : uPVC merupakan material ramah lingkungan, karena bahan ini pada umumnya dapat diolah kembali (Daur ulang) untuk dijadikan produk lain. Sehingga sampahnya tidak sampai mencemari lingkungan.

Ragam aksesoris Sambungan : Produk pipa PVC dilengkapi dengan ragam jenis bentuk dan ukuran aksesoris. Sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan saluran air yang hendak dibangun dan diinginkan.

Awet dan tahan Lama : Bahan uPVC menjadi kelebihan pipa PVC modern, salah satunya membuat produk lebih lentur, kuat dengan tingkat keretakan rendah, sehingga dapat digunakan hingga puluhan tahun.

Isolator yang baik : Tak hanya untuk saluran air, kelebihan pipa PVC adalah sebagai bahan isolator yang baik. Ini artinya, produk pipa ini juga dapat digunakan untuk material bermuatan listrik, seperti selongsong kabel dan sejenisnya.

Baca Juga : Harga Pipa PVC Rucika

Daftar kelebihan pipa PVC diatas membuat produk jenis ini biasa digunakan untuk beragam kebutuhan saluran air sederhana. Baik bersekala kecil, menengah hingga industri besar, berikut beberapa diantaranya :

  1. Untuk saluran air bersih
  2. Saluran pembuangan
  3. Saluran Limbah
  4. Saluran Irigasi
  5. Saluran ventilasi

 

Distributor Pipa PVC

Leave a Reply

Your email address will not be published.