Kelebihan Pipa HDPE Dibanding Pipa Besi

Kelebihan Pipa HDPE adalah tangguh dengan tingkat keretakan rendah

Kelebihan pipa HDPE adalah produk yang memiliki tingkat kelenturan, kekuatan tinggi, namun dengan tingkat keretakan rendah, dan tidak berkarat. Sehingga dapat digunakan hingga jangka waktu lama.

Sebelum dikenal pipa HDPE, kebutuhan saluran air bersih sering menggunakan produk pipa besi. Alasanya produk pipa metal mampu digunakan hingga jangka waktu lama karena karakternya yang tahan banting.

Faktanya, pipa besi mengalami permasalahan pelik, terutama saat munculnya karat. Usia pemakaian yang tak bisa lama dan fluida (air bersih) yang dialirkan menjadi tercemar kandungan logam berat. Hal ini yang membuat orang mulai berpikir mencari produk pipa air bersih alternatif.

Sejak pertama kali diperkenalkan, produk pipa thermoplastik menjadi alternatif solusif. Terutama karena produk ini tidak mengalami karat seperti halnya produk pipa dari bahan metal. Produk pertama yang digunakan adalah produk pipa dari bahan polyvinyl chloride (Pipa PVC).

Baca :

Dalam praktiknya generasi produk pipa PVC pertama tak mampu menjawab tantangan penggunaan untuk saluran air dengan jangka waktu lama. Ini dikarenakan penurunan kualitas material terutama karena pengaruh sinar UV (matahari).

Meski generasi PVC modern akhirnya diproduksi dengan bahan Unplasticized Polyvinyl Chloride, kebutuhan saluran air pada akhirnya membutuhkan pipa tangguh dengan ketahanan terhadap tekanan diatas 10 bar (Kg/cm2), hingga akhirnya pipa HDPE diperkenalkan.

Dibandung dua pipa sebelumnya, kelebihan pipa HDPE sangat berlimpah, terutama dalam efektivitas saat digunakan untuk saluran air. Karakter yang kuat, lentur dan memiliki tingkat keretakan rendah, membuat produk ini dapat digunakan bahkan hingga 50 tahun.

KARAKTERISTIK MATERIAL PIPA HDPE
     
PROPERTY

UNIT

PE 100

Density

g/cm³

> 0,94

Tensil Strength :    
At Yield

Mpa

23

Elongation at Break

%

>600

Modulus of Elasticity

Mpa

1000

Softening Ponit

°C

124

Brittleness Temperature

°C

<-100

Coefficient on Linear Expansion

mm/m. °C

1,3 x 10⁻⁴

Thermal Conductivity

W/m. °C

0,4

* data pipa HDPE “Rucika Black”

 

Secara umum, berikut dafta kelebihan pipa HDPE, produk spesialis dan direkomendasikan untuk saluran air bersih bertekanan :

  • Fleksibilitas tinggi menjadi kelebihan pipa HDPE, sehingga membuat produk juga tersedia dalam bentuk roll dengan panjang lebih dari 50 meter. Selain itu, pipa yang fleksibel juga dapat meminimalisir penggunaan aksesoris / fitting (Terutama Elbow / Knee).
  • Tingkat keretakan rendah. Material High Density Polyethylene atau PE-100 merupakan bahan thermoplastik dengan tingkat kerapatan molekul sangat tinggi. Sehingga hal ini membuat pipa memiliki tingkat keretakan rendah / tidak mudah rusak.
  • Tahan terhadan bahan kimia. Menjaga aliran fluida (air bersih) dari sumber menuju tempat yang diharapkan, sehingga air bisa digunakan adalah kaidah penggunaan pipa air bersih. Dalam hal ini kelebihan pipa HDPE tahan terbadap bahan kimia, sehingga membuat tingkat pencemaran air didalam bebas polusi.
  • Ringan. Hampir semua bahan thermoplastik memiliki bobot ringan, terutama saat dibandingkan dengan produk pipa besi. Nah hal ini mempermudah proses penyambungan dan mobilisasi pipa saat hendak dikirim, atau dipasang.
  • Tahan karat. Kelebihan pipa HDPE paling utama adalah bebas karat. Hal ini yang membuat produk lebih baik ketimbang pipa besi. Sehingg produk dapat digunakan hingga lebih dari 50 tahun lamanya.
  • Tahan terhadap suhu rendah. Pipa HDPE dapat tahan terhadap suhu rendah. Sehingga produk ini sangat populer digunakan di Eripa untuk kebutuhan saluran air bersih masyarakat dan kebutuhan lain.
  • Model penyambungan variatif. Pipa HDPE dapat disambung sesuai dengan kebutuhan. Seperti metode Mechanical Joint untuk jenis pipa HDPE roll, Butt Fusion untuk pipa batang dan electro fusion, biasanya untuk saluran gas bertekanan.

Baca : Harga Pipa HDPE “Rucika Black” PN-10

Lebih jauh tentang pipa HDPE, harga dan stock, silahkan hubungi kami untuk info lebih lengkap, atau kunjungi warehouse kami di Distributor pipa HDPE

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.