Pipa HDPE

https://www.pipaair.co.id/wp-content/uploads/2019/06/cropped-Pipa-HDPE-1.jpg
Ilustrasi Pipa HDPE

Pipa HDPE merupakan produk perpipaan dari material Polyethylene (PE) yang dikembangkan dari material thermoplastik sejenis lainnya. Bahan ini dikenal dengan karakter kuat, lentur dan risiko mengalami keretakan sangat rendah.

Produk HDPE Pipe direkomendasikan untuk saluran air bertekanan. Tingkat tekanan yang ditawarkan antara PN-4 hingga PN-32. Hanya saja di Indonesia, beberapa brand produk pipa jenis ini hanya menawarkan tekanan PN-6.3 hingga PN-16.

Istilah PN merujuk pada Pressure Nominal, atau ketahanan produk pipa terhadap tekanan tertentu. Nominal pada PN identik dengan Kg/Cm2 atau juga biasa dikenal dengan istilah bar.  Selain ditawarkan dalam beragam kebutuhan PN, pipa HDPE juga menawarkan ragam ukuran diameter. Diameter terkecil ½ inch hingga lebih dari 40 inch.

Penggunaan HDPE Pipe untuk saluran air telah banyak melalui tes dan pengujian, bahkan sejak era 50 an. Material High Density Polyethilene memiliki karakter sangat baik, tak mudah rusak dan meninggalkan serpihan kecil.

Hal ini sangat penting, mengingat serpihan yang terlepas tersebut dapat meningkatkan risiko pencemaran air. Sehingga semua produk berbahan dasar HDPE, termasuk produk pipa direkomendasikan berstandar Food Grade, aman untuk kesehatan manusia (Sumber).

Hal ini membuat produk pipa Jenis dikenal memiliki karakter sangat baik dibanding produk pipa lain. Karena harga Pipa HDPE ekonomis (memiliki usia penggunaan jangka panjang), mudah dalam hal penanganan, kinerja yang efektif dan efisien, model pemasangan yang mudah dan sebagainya.

Instalasi HDPE Pipe memberi Anda banyak keuntungan, terlebih dalam hal biaya, waktu pengerjaan hingga faktor perawatan. Dalam hal biaya, pipa yang ringan akan menghemat penggunaan media pengangkut seperti alat berat dan sebagainya. Bahkan untuk ukuran tertentu, pipa dapat dengan mudah diangkat dengan tenaga manusia. hal ini membuat waktu pengerjaan lebih cepat dan efektif.

Dalam hal perawatan, produk HDPE Pipe memiliki tingkat kekuatan sangat baik, dan tingkat keretakan rendah. Rata-rata usia penggunaan pipa jenis ini bahkan mencapai lebih dari 50 tahun. Sehingga membuat Anda berhemat dalam hal biaya perawatan. Sangat cocok di berbagai musim, baik dingin hingga musim kemarau.

Spesifikasi Teknis Pipa Hdpe

  Specification STANDARD Unit Value
  Intensity ISO 1183 gr/cm3 0,95
  Melting flow rate (MFR) 190/5 T 003 gr/10 min 0,2 – 0,4
  Melting flow rate (MFR) 190/5 T 005 gr/10 min 0,4 – 0,7
  Melting flow rate (MFR) 190/5 T 010 gr/10 min 0,7 – 1,3
Mechanical Tensile stress (akma) ISO 527 Kg/cm2 255
Specifications Elongation (creep) ISO 527 % 9
  Elongation (break) ISO 527 % >600
  Modulus of Elasticity ISO 527 Kg/cm2 11216
  Softening Tempreture ISO 306 °C 77
Thermal Deflection Tempreture ISO 75 °C 75
Specifications Coefficient of Thermal Expansion DIN 53732 1 / °C 0,00018
  Thermal Conductivity (20 oC) DIN 52612 W / m°C 0.4
  Flamibility DIN 4102 B2
  Specific Volume Resistance VDE 0303 Ohm.cm >1016
Electrical  Özgül Yüzey Direnci VDE 0303 Ohm >1013
Specifications Dielectric coefficient VDE 0303 kV / mm 70

Pipa HDPE memiliki karakter kuat, keras, padat namun ringan. Sehingga dalam hal mobilisasi, hanya diperlukan peralatan minim, sehingga cocok digunakan di beragam kondisi lapangan. Mulai dari kawasan kering, daerah rawa diatas es dan sebagainya.

Permukaan HDPE Pipe halus, dan produk yang berkualitas karakter ini ada baik di bagian luar dan dalam pipa. Sehingga dalam hal media mengalirkan fluida (air), permukaan halus memperkecil terjadinya penyumbatan, dan kecepatan aliran menjadi lebih konstan.

Sangat baik untuk saluran air bersih, karena material produk pipa ini tidak berkarat, seperti halnya produk pipa metal. Tahan terhadap bahan kimia tertentu dan bahan asam korosif, basa serta garam. Membuat pipa HDPE sangat istimewa dibanding produk pipa yang lain.

Pipa HDPE direkomendasikan untuk proyek yang membutuhkan kualitas dan kinerja media saluran air sangat baik. Untuk mendapat produk yang tepat, pipa yang biasa dikenal dengan pipa PE ini ditawarkan dengan beragam jenis tekanan atau PN (Pressure Nominal). Di Indonesia produk ini ditawarkan dengan tekanan terkecil 6.3, 8, 10, 12.5 dan terbesar 16 bar (Kg/cm2).

Aplikasi pipa HDPE dapat digunakan untuk beragam kebutuhan saluran air bersih. Mulai dari kebutuhan pertambangan, sistem drainase, jaringan utama air bersih, transfer air, saluran pipa gas alam, area penyimpanan limbah padat dan sebagainya.

Material Bahan Baku HDPE Pipe

Material bahan baku pipa HDPE, Polyethylene pertama kali dikembangkan sejak era tahun 50an, yakni jenis Pipa Polyethylene, kelas Pe 32. Material ini memiliki tingkat kepadaran rendah, dan sepenuhnya belum direkomendasikan untuk kebutuhan saluran air bersih (berstandard Food Grade).

Hingga pada akhirnya ditemukan generasi terbaru PE-100 dengan karakter sesuai harapan. Memiliki tingkat kekuatan sangat baik, dengan tingkat keretakan rendah. Sangat ideal untuk saluran pipa air minum, dan sejenisnya.

Ketahanan dengan tekanan juga membuat produk pipa HDPE mampu bekerja dengan dorongan gravitasi hingga pompa air dengan tekanan tertentu.

Bahan baku Ethylene (C2H4) merupakan material yang terbuat dari 97% minyak mentah 97%, yang dikembangkan menjadi polietilen dan merupakan satu dari beberapa polimer termoplastik. Sehingga hal ini membuat Harga Pipa HDPE, sangat tergantung dengan harga dan ketersediaan minyak mentah.

Secara umum bahan polietilen dikembngkan menjadi 3 kelompok utama. Setiap kelompok memiliki tingkat kepadatan berbeda satu dengan yang lain, hal tersebut membuat dalam hal karakter juga sangat berbeda, berikut diantaranya :

Material LDPE (Low Density Polyethylene), merupakan bahan Polyethylene dengan densitas atau tingkat kerapatan rendah.

Material MDPE (Medium Density Polyethylene) bahan Polyethylene dengan densitas atau tingkat kerapatan menengah atau sedang.

Material HDPE (High Density Polyethylene) bahan Polyethylene dengan densitas atau tingkat kerapatan tinggi.

Kelebihan HDPE Pipe

– Pipa HDPE tahan terhadap segala kondisi cuaca

– Pipa HDPE resistensi terhadap tekanan dan sobek karena benda tertentu

– Memiliki tingkat Stress Cracking tinggi.

– Tahan hingga suhu 30-60 derajat celcius

– Memiliki tingkat kepadatan tinggi, dan anti korosi

– Mudah dalam hal pemasangan dan dapat diandalkan untuk saluran air jangka panjang

– Tingkat gesekan rendah, jika dibandingkan pipa besi.

– Memiliki kemampuan meredam kebisingan aliran air

– bersifat isolator terhadap aliran listrik, dan bersifat isolator termal yang baik.

– Tidak beracun, dan tidak mencemari sekitar. Sehingga dikategorikan bahan Food Grade.

– Dapat digunakan untuk saluran air bersih hingga limbah radioaktif.

Harga Pipa HDPE


Harga pipa HDE yang lain :

https://www.pipaair.co.id/harga-pipa-hdpe-pn-12.5-rucika-black/
https://www.pipaair.co.id/harga-pipa-hdpe-pn-10-rucika-black/

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to hello@quadlayers.com

× Hubungi Kami