Pipa PPR Spesifikasi, Harga dan Kelebihan Produk

Pipa PPR

Pipa PPR adalah produk perpiapan yang terbuat dari bahan thermoplastik polypropylene random spesialis saluran air panas atau dingin bertekanan.  Ideal sebagai pengganti pipa metal untuk kebutuhan yang sama, dengan usia pengguaan hingga 50 tahun.

Pipa P-PR merupakan pengembangan produk pipa thermoplastik dari bahan PP, atau polypropylene. Merupakan salah satu jenis material plastik yang didaur ulang, dan kelebihan bahan ini adalah lebih tahan terhadap suhu tinggi (Sumber : Wikipedia).

Bahan PP atau Polypropylene sering digunakan untuk produk lain, selain Pipa Air. Bahan yang tak mudah rusak dan mencemari lingkungan sekitar membuat bahan ini digunakan untuk beragam produk berstandard Food Grade.

Seperti tempat makan, peralatan bayi, perkakas minum yang dapat menjaga suhu panas lebih lama dan sebagainya. Untuk produk perpipaan, bahan Pipa PPR digunakan untuk pipanisasi saluran air panas bertekanan untuk gedung, rumah tangga, industri, restoran dan perhotelan.

Rahasia Kelebihan Pipa P-PR

Dibanding produk pipa thermoplastik lain, pipa PPR memiliki kelebihan terhadap suhu tinggi, dan dapat mengalirkan fluida panas dengan menjaga suhu tetap konstan. Dibanding pipa Besi, produk ini memiliki banyak keunggulan, terutama untuk instalasi air didalam gedung, berikut diantaranya :

Ringan. Pipa PPR memiliki bobot jauh lebih ringan dibanding produk pipa besi. Hal ini membuat proses pengangkutan (mobilisasi) dan penyambungan produk ini lebih mudah dilakukan, bahkan tanpa alat bantu angkat.

Ramah Lingkungan. Selain tak mudah rusak dan mencemari lingkungan bahan thermoplastik pipa P-PR juga dapat didaur ulang. Sehingga potongan yang tak terpakai masih bisa diolah lagi, tanpa menjadi sampah abadi yang membutuhkan puluhan tahun untuk rusak dan terurai.

Usia penggunaan hingga 50 Tahun. Salah satu keunggulan produk pipa Thermoplastik, termasuk pipa P-PR adalah bahan yang memiliki tingkat keretakan rendah, dengan kelenturan dan kekuatan sangat baik, sehingga dalam penggunaannya bisa mencapai usia lebih dari 50 tahun.

Bebas Korosi. Kelebihan pipa thermoplastik, termasuk pipa PPR untuk saluran air bersih adalah bebas korosi. Permasalahan ini sering muncul pada produk pipa besi yang berdampak pada kerusakan kualitas fluida (air bersih) dan pencemaran lingkungan sekitar. Diluar mengurangi usia penggunaan pipa.

Sistem penyambungan sempurna. Pipa PPR disambung dengan metode pemanasan dengan alat khusus (Welding machine). Cara ini memungkinkan bagian sambungan terjadi dengan sempurna, tanpa celah, atau biasa dikenal dengan istilah proses penyambungan sempurna (Seperti bagian tubuh pipa).

Proses Penyambungan Pipa PPR

Sebagai produk dengan bahan baku thermoplastik, pipa PPR disambung dengan proses pemanasan atau welded (pelelehan). Dimana produk thermoplastik akan meleleh saat dipanaskan dengan suhu tertentu, namun akan mengeras kembali saat suhu normal.

Sekilas prosedur penyambungan ini mirip sekali dengan proses penyambungan pada Pipa HDPE. Hanya saja dalam hal Pipa PPR, proses ini dilakukan dengan cara lebih sederhana. Dengan alat yang kompatible untuk dibawa kemana-mana.

Meski terbuat dari bahan thermoplastik, umumnya pipa PPR tidak dapat disambung antara pipa dengan pipa. Untuk melakukan hal ini dibutuhkan aksesoris pipa PPR yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, bahkan untuk sambungan lurus.

Untuk mewujudkan sambungan ideal sesuai dengan harapan produk pipa dilengkapi dengan beberapa aksesoris dasar. Seperti Tee, Elbow, Cap, Coupler (Socket) dan sebagainya. Selain itu juga tersedia beberapa jenis aksesoris berbentuk drat (Thread) dan valve untuk buka tutup saluran.

Semua proses penyambungan pipa jenis ini dengan aksesoris dilakukan secara welded, dengan alat khusus (penyambung PPR). Secara umum berikut cara penyambungan pipa PPR :

  • Proses pengukuran. Proses ini dilakukan untuk mengukur kedalaman bagian pipa yang hendak disambung dengan aksesoris. Tujuannya untuk memastikan proses penyambungan telah terjadi (dengan kedalaman) sempurna).
  • Proses persiapan sebelum penyambungan. Setelah memastikan ukuran pipa telah ideal, selanjutnya Anda dapat membersihkan bagian pipa yang hendak disambung. Sekecil apapun kotoran yang menempel akan membuat risiko proses penyambungan tidak berjalan dengan sempurna.
  • Proses pemanasan. Seperti telah dijelaskan diatas, proses pemanasan (welded) pada pipa thermoplastik, juga metode penyambungan yang bisa dilakukan untuk pipa PPR. Proses ini biasanya dilakukan dengan menggunakan alat khusus atau biasa dikenal dengan Mesin las pipa P-PR.

Alat ini memiliki dua sisi pemanas yang bekerja untuk memanaskan bagian luar pipa yang akan disambung dengan bagian dalam aksesoris. Proses pemanasan ini berjalan dalam waktu bersamaan, sehingga setelah meleleh sebagian, proses penyatuan dapat dilakukan.

  • Proses penyatuan. Proses ini biasa dilakukan setelah bagian yang hendak disambung (pipa dan aksesoris) melalui proses pemanasan dengan suhu tertentu dalam beberapa waktu. Proses ini dapat dilakukan dengan singkat, hingga beberapa menit, atau suhu bagian sambungan kembali normal.
  • Proses pendinginan. Setelah memastikan proses penyambungan terjadi dengan baik dan sempurna, proses pendinginan dilakukan dengan membiarkan bagian ini beberapa menit (Dalam kondisi ditahan dengan tangan).

Jenis Pipa P-PR

Saat ini produk pipa PPR ditawarkan dengan berbagai brand dengan beragam kelebihan masing-masing. Namun secara umum, pipa jenis ini ditawarkan berdasarkan penggunaan. Untuk saluran air bersih dingin tanpa tekanan, air panas tanda dan dengan tekanan.

Hal tersebut membuat modifikasi tebal dinding pipa berubah seiring penyesuaian dengan kebutuhan. Sehingga dikenal istilah pipa PPR dengan PN-10, PN-16 dan PN-20, dan hampir tersedia di beragam brand.

Pipa PPR PN-10 umumnya digunakan untuk saluran air bersih bersuhu normal tanpa tekanan. Cocok untuk saluran air di tingkat rumah tangga, fasilitas umum hingga bangunan bertingkat, mall dan restauran.

Pipa PPR PN-16 biasanya difungsikan untuk saluran air bersih bersuhu normal dengan tekanan. Produk ini juga dapat digunakan untuk saluran air panas, namun tanpa tekanan. Cocok untuk kebutuhan rumah tangga dan perhotelan berskala menengah.

Pipa P-PR PN-20 cocok untuk saluran air panas bertekanan. Ideal untuk kebutuhan industri, perhotelan dan restauran berskala besar. Produk ini biasanya memiliki tingkat ketebalan dinding lebih tinggi di banding dua jenis pipa P-PR sebelumnya.

Umumnya pipa P-PR ditawarkan dengan warna dominan hijau. Beberapa brand menambahkan strip dengan warna tertentu untuk menandai jenis PN pipa tersebut. Dan tersedia untuk ukururan 20mm (1/2 inch) hingga 110mm (4 inch).

Harga Pipa PPR

Harga Pipa PPR ditawarkan beragam, sesuai dengan produk yang Anda gunakan. Namun umumnya produk dibedakan berdasarkan tebal dinding atau PN yang terdiri dari PN-10,  PN-16, PN-20 dan PN-22 (untuk beberapa brand).

Berikut pricelist harga pipa P-PR brand “Rucika Green” :

Ukuran Harga Per Batang @ 4 Meter
Inch mm PN-10 PN-16 PN-20 PN-22
1/4″ 16  –  –  –  Rp    59.800
1/2″ 20  Rp    43.780  Rp    53.900  Rp    60.720  Rp    75.420
3/4″ 25  Rp    57.310  Rp    84.150  Rp    93.170  Rp  110.440
1″ 32  Rp    92.180  Rp  135.300  Rp  153.230  Rp  175.090
1-1/4″ 40  Rp  146.080  Rp  210.320  Rp  236.280  Rp  265.050
1-1/2″ 50  Rp  226.600  Rp  328.460  Rp  369.270  Rp  410.510
Klik untuk pricelist lengkap

Silahkan hubungi kami untuk produk pipa P-PR Merk lain

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
× Hubungi Kami